Perancangan Rebranding Photo Studio Barokah Putra
Main Article Content
Abstract
Barokah Putra merupakan usaha bisnis fotografi yang beralamat di komplek pasar Karangjati, kabupaten Semarang. Bisnis fotografi mengalami perkembangan yang pesat sehingga terjadi persaingan bisnis yang ketat. Perilaku konsumen telah berubah seiring dengan perkembangan zaman, mengakibatkan tingkat konsumen yang menggunakan produk/jasa Barokah Putra menurun. Citra Barokah Putra sebagai penyedia layanan fotografi yang baik hanya diketahui oleh konsumen lama saja. Berbeda dengan pemahaman kalangan muda sebagai calon konsumen baru yang mengaggap bahwa Barokah Putra kurang moderen, sehingga citra yang lama tidak bisa menjangkau target konsumen kembali. Metode yang digunakan dalam perancangan rebranding adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa participant observation dan wawancara yang mendalam kepada client serta target konsumen. Upaya rebranding Barokah Putra dengan mengembangkan differensiasi menjadi studio foto berlayanan “fun photography†yang fleksibel memenuhi kebutuhan konsumen. “Fun Photography†menjadi inovasi layanan studio foto yang akan diusung berdasarkan banyaknya permintaan target konsumen. Perancangan rebranding ini untuk meraih target konsumen potensial yaitu usia 20-25 tahun di wilatah Ungaran dan memiliki kesukaan berfoto untuk mengekspresikan diri. Kegiatan penyampaian pesan kepada target audiens mengenai citra dan posisi barunya dilakukan dengan merancang strategi komunikasi pemasaran terpadu. Hasil dari perancangan berupa logo sebagai corporate identity Barokah Putra beserta media aplikasi logo untuk memperkuat corporate identity Barokah Putra di benak masyarakat. Strategi promosi yang dirancang menggunakan metode pendekatan personal berdasarkan perilaku konsumen dalam berinteraksi terhadap point of contact supaya dapat menyampaikan pesan dengan baik tepat sasaran.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Atavisme and Balai Bahasa Jawa Timur. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Atavisme and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Atavisme are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form]
References
Bryan, Christopher. (2017). Perancangan Branding Perusahaan 7coffeeaday. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 31 Juli 2018 dari https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/5619
Keller, Kevin. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall
Kotler, Philip, Gary Amstrong. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Penerbit: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 12.Jakarta: P.T. Indeks Kelompok Gramedia.
____________________________. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi
Muzellec, Laurent., Mary Lambkin. (2006). Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity? European Journal of Marketing Vol. 40
Rangkuti, Freddy. (2013). Strategi Semut Melawan Gajah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ratih, Piscesia Dwi. (2012). Makna konstruktivisme dalam seni grafis pada poster iklan produk di Rusia periode new economy policy 1923-1929. Jurnal Universitas Indonesia. Diunduh 4 Agustus 2019 dari https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20310132-S43063-Makna%20konstruktivisme.pdf
Sarwono, Jonathan & Hary Lubis. (2007). Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Bandung: C.V Andi Offset
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjandra, Ellen Mannuela. (2013). Perancangan Ulang Corporate Identity Chandra Asri Furnitur di Situbondo. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 31 Juli 2018 dari https://www.neliti.com/id/publications/85916/none
Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Trout, Jack., Steve Rivkin. (1997). The New Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wheeler, Alina. (2009). Designing Brand Identity. Canada: Hoboken.
Wibowo, Irma Setyawati. (2014). Perancangan Rebranding Bakpia “Balong†Sumber Rejeki Solo. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 29 Juli 2018 dari https://www.neliti.com/id/publications/83048/none
Wijayanti, Shelvy. (2014). Perancangan Brand Identity Pusat Oleh-Oleh Khas Gresik Cap Kuda. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Diunduh 31 Juli 2018 dari https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1891