Kajian Estetika, Fungsi Dan Makna Logo Sukla Satyagraha Di Denpasar
Main Article Content
Abstract
Gerakan Sukla Satyagraha merupakan bentuk pemberdayaan ekonomi krama Bali yang berpegang teguh dengan tata etika ke-Hindu-an sekaligus mensinergikan antara konsep leluhur dengan konsep generasi zaman modern yang telah mengalami berbagai bentuk perubahan. Adanya peranan simbol visual dalam sebuah organisasi dapat menjadi alat komunikasi kepada masyarakat sebagai pembeda dari setiap perusahaan, organisasi salah satunya logo Sukla Satyagraha. Logo Sukla Satyagraha dibahas berdasarkan peranan unsur dan prinsip estetika yang terdapat dalam logo serta maksud dari logo tersebut. Unsur-unsur desain yang terdapat di dalam logo Sukla Satyagraha meliputi garis, bentuk, huruf atau tipografi dan warna. Estetika logo meliputi prinsip kesatuan, keseimbangan dan proporsi. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengkaji estetika logo Sukla Satyagraha di Denpasar. Adapun masalah yang diteliti adalah bagaimana estetika logo Sukla Satyagraha di Denpasar. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk perkembangan ilmu kajian seni khususnya dalam penelitian dibidang desain komunikasi visual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang diterapkan berdasarkan teknik purposive. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan sumber pustaka. Seluruh data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teori estetika dan teori desain komunikasi visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembentukan elemen logo Sukla Satyagraha tidak terlepas dari peranan prinsip desain dan nilai ekstrinsik yang membentuk logo tersebut sehingga terciptanya desain yang menarik dan memenuhi kriteria desain seperti proporsi dan komposisinya.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Atavisme and Balai Bahasa Jawa Timur. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Atavisme and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Atavisme are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form]
References
Agung, Lingga. Pengantar Sejarah dan Konsep Estetika. Yogyakarta:PT.Kanisius, 2017.
Junaedi, Deni. Estetika:Jalinan Subjek, Objek dan Nilai. Yogyakarta: ArtCiv, 2017.
Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI, 2007.
Kartika, Dharsono Sony. Seni Rupa Modern (Edisi Revisi). Bandung: Rekayasa Sains, 2017.
Daftar Narasumber/Informan
Gama, I Nengah (59thn), Informan desain komunikasi visual, wawancara tanggal 10 Juni 2020.
Guna, I Made (57thn), Informan ahli keagamaan, wawancara tanggal 10 Juni 2020.
Sariada, I Wayan (57thn), Informan ahli keagamaan, wawancara tanggal 10 Juni 2020.
Adnyana, I Wayan Widia (47thn), wawancara tanggal 05 Juni 2020.