Makna Konotasi Rebranding Logo TVRI
DOI:
https://doi.org/10.31091/mudra.v35i1.993Keywords:
rebranding, logo TVRI, semiotikaAbstract
Tulisan ini dibuat guna memahami makna konotasi pada tanda serta pesan komunikasi visual yang terkandung dalam rebranding logo TVRI. Bagi desainer komunikasi visual, mempelajari dan memanfaatkan semiotika komunikasi visual untuk memahami tanda verbal dan tanda visual serta makna konotasi rebranding logo TVRI menjadi sangat penting. Hal penting lainnya, desainer komunikasi visual sebagai produsen tanda akan lebih kreatif dalam menciptakan tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual. Tulisan ini dibuat menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan dan menginterpretasikan makna konotasi rebranding logo TVRI berdasarkan bangunan teori semiotika, teori desain komunikasi visual dan teori branding. Metode analisis semiotika komunikasi visual ditawarkan dan digunakan sebagai metode analisis tanda dan pesan komunikasi visual rebranding logo TVRI. Prosesnya dilakukan dengan memanfaatkan analisis Triadik Sumbo Tinarbuko. Konsep analisis Triadik Sumbo Tinarbuko penulis ciptakan untuk mengidentifikasikan, mendeskripsikan dan memahami makna konotasi tanda verbal dan tanda visual serta pesan verbal dan pesan visual yang terkandung dalam rebranding logo TVRI.
Downloads
References
Barthes, Roland (2010). Image/Music/Text atau Imaji Musik Teks, terjemahan Agustinus Hartono (1990). Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.
Danesi, Marcel. (2010). Messages, Signs, and Meaning: A Basic Textbook in Semiotics and Communication Theory atau Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi, terjemahan Evi Setyarini dan Lusi Lian Piantari (2004). Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.
Eco, Umberto. (l979). A Theory of Semiotics. Bloomington: Indiana University Press.
MPR RI. (2018). Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Jakarta: Sekretariat Jendral MPR RI.
Noth, Winfriend. (1995). Handbook of Semiotics. Blommington and Indianapolis: Indiana University Press.
Piliang, Yasraf Amir. (1998). Sebuah Dunia yang Dilipat, Realitas Kebudayaan menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Posmodernisme. Bandung: Penerbit Mizan.
Piliang, Yasraf Amir. (2018) Teori Budaya Kontemporer: Penjelajahan Tanda dan Makna. Yogyakarta: Penerbit Cantrik Pustaka.
Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual (Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.
Tinarbuko, Sumbo. (2015). DEKAVE: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Penerbit CAPS.
Tinarbuko, Sumbo. (2017). Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit BP ISI Yogyakarta.
TVRI. (2019). Buku Panduan Identitas. Jakarta: DM-ID Group
Williamson, Judith. (1984). Decoding Advertisements, Ideology and Meaning in Advertising. London: Marion Boyars Publishers Ltd, 24 Lacy Road.
Wiryawan, Mendiola B. (2008). Kamus Brand. Jakarta: Red & White Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Copyright on any open access article in a journal published by Mudra Jurnal Seni Budaya is retained by the author(s).
-
The Creative Commons Attribution License 4.0 formalizes these and other terms and conditions of publishing articles.