Karya Cipta Pertunjukan Wayang Perjuangan Sebagai Penguatan Pendidikan Bela Negara
DOI:
https://doi.org/10.31091/mudra.v33i2.363Keywords:
wayang perjuangan, pendidikan bela negara, masyarakat IndonesiaAbstract
Tulisan ini mengungkap tentang pertunjukan wayang perjuangan sebagai penguatan pendidikan bela negara bagi masyarakat Indonesia. Dua persoalan penting yang dibahas yakni: (1) bentuk karya cipta pertunjukan wayang perjuangan; dan (2) fungsi pertunjukan wayang perjuangan bagi masyarakat Indonesia. Bentuk karya cipta pertunjukan wayang perjuangan dikaji dengan konsep estetika wayang, adapun fungsi pertunjukan dikupas dengan teori fungsi kesenian. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa karya cipta pertunjukan wayang perjuangan dibangun berdasarkan beberapa unsur, di antaranya seniman, garap lakon wayang, dan boneka wayang. Pada sisi lain, pertunjukan wayang perjuangan memiliki fungsi sebagai penguatan pendidikan bela negara bagi masyarakat Indonesia.
This paper reveals the wayang perjuangan performances as the strengthening of state defense education for the people of Indonesia. Two important issues are discussed, namely: (1) the form of wayang perjuangan performance; and (2) the function of wayang perjuangan for the Indonesian people. The form of wayang perjuangan studied with the aesthetic concept of wayang, while the performance function is analyzed with the theory of art function. The results of the discussion show that the works of wayang perjuangan are built based on several elements, among them artists, working on wayang plays, and puppets. On the other hand, the wayang perjuangan performance has a function as the strengthening of state defense education for the people of Indonesia.Â
Downloads
References
Haryanto, S. 1991. Seni Kriya Wayang Kulit: Seni Rupa, Tatahan, dan Sunggingan. Jakarta: Djambatan.
Haryono, Timbul. 2008. Seni Pertunjukan dan Seni Rupa dalam Perspektif Arkeologi Seni. Surakarta: ISI Press Solo.
Hazeu, G.A.J. 1979. Kawruh Asalipun Ringgit sarta Gegepokanipun Kaliyan Agami ing Jaman Kina. Ed. Mangkudimedjo, alih aksara oleh Sumarsana, alih bahasa oleh Hardjana HP, Proyek Penerbita Buku Bacaan dan Sastra Indonesia dan Daerah, Depdikbud, Jakarta.
Holt, Claire. 2000. Melacak Jejak Perkembangan Seni di Indonesia, Terjemahan R.M. Soedarsono, Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Imran, Amrin. 1976. Panglima Besar Jenderal Sudirman. Jakarta: Mutiara.
Jazuli, M. 2003. Dalang, Negara, Masyarakat: Sosiologi Pedalangan. Semarang: Limpad.
Mulyono, Sri. 1975. Wayang Asal-usul Filsafat dan Masa Depannya. Jakarta: Alda.
-------------. 1982. Wayang Asal-usul Filsafat dan Masa Depannya. Jakarta: Gunung Agung.
Murtiyoso, Bambang, Sumanto, Suyanto, Kuwato. Teori Pedalangan: Bungan Rampai Elemen-elemen Dasar Pakeliran. Surakarta: ISI Surakarta Press dan CV Saka Production, 2007.
Nugroho, Sugeng. 2012. Lakon Banjaran Tabir dan Liku-likunya Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta. Surakarta: ISI Press.
Parker, De Witt H. 1948. The Principles of Aesthetics. New York: Appleton Century Crofts.
Sarwanto. 2008. Pertunjukan Wayang Kulit Purwa dalam Ritual Bersih Desa Kajian Fungsi dan Makna. Surakarta: ISI Press Surakarta dan CV Cendrawasih.
Soekanto S.A. 1981. Perjalanan Bersahaja Jenderal Sudirman. Jakarta: Pustaka Jaya.
Soetarno. 1998. “Fungsi Sosial Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Jawaâ€. Laporan Penelitian STSI Surakarta.
Soetarno, Sarwanto, Sudarko. 2007. Sejarah Pedalangan. Surakarta: ISI Press Surakarta dan CV Cendrawasih.
Soewarno, Roto. 1985. Pak Dirman Menuju Sobo. Jakarta: Yayasan Kembang Mas.
Sunardi. 2014. Nuksma dan Munguh Konsep Dasar Estetika Pertunjukan Wayang. Surakarta: ISI Press.
Sunardi, Sugeng Nugroho, Kuwato. 2016. Wayang Babad Nusantara Media Pengajaran Nilai Kebangsaan. Surakarta: ISI Press.
Tim Buku Tempo. 2015. Soedirman: Seorang Panglima, Seorang Martir. Jakarta: Gramedia.
Waridi. 2005. Karawitan Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta. Jakarta: Senawangi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Copyright on any open access article in a journal published by Mudra Jurnal Seni Budaya is retained by the author(s).
-
The Creative Commons Attribution License 4.0 formalizes these and other terms and conditions of publishing articles.