Pengaruh Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa SMP Negeri 1 Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31091/mudra.v35i3.1102Keywords:
sistem zonasi penerimaan peserta didik baru, prestasi belajar pendidikan agama hinduAbstract
Dalam pendidikan formal, tahapan awal untuk memulai jenjang pendidikan dilakukan melalui penerimaan peserta didik baru. Penerimaan pesertadidik baru adalah proses seleksi yang akan menentukan siswa yang diterima di suatu sekolah. Proses ini diharapkan dapat berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga bisa mendorong peningkatan akses layanan dan pemerataan pendidikan melalui sistem zonasi, terlepas dari kemampuan kognitif ataupun ekonomi yang rendah. Dalam pelaksanaan di lapangan, penerapan sistem zonasi ini mendapati berbagai persoalan diantaranya adanya kondisi peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi memiliki kemampuan kognitif dalam prestasi belajar yang cukup rendah dibandingkan peserta didik yang diterima melalui jalur prestasi. Selama ini SMPN 1 Kota Denpasar dikenal sebagai salahsatu sekolah favorit yang menerima siswa baru berdasarkan nilai hasil ujian sekolah, prestasi akademik dan non akademik, serta tes tertulis. Makapara guru terbiasa menghadapi siswa dengan kemampuan kognitif dalam prestasi belajar yang cukup baik sehingga para guru mengalami kesulitan ketika menghadapi siswa dengan prestasi belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi 285 dengan penentuan jumlah sampel Krejcie dan Morgan taraf kepercayaan 95% berjumlah 158 responden. Pengumpulan data dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase, statistik korelasional, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang negatif dan signifikan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadapprestasi belajar peserta didik kelas VII SMPN Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Terbukti hasil perhitungan analisis statistik korelasidiperoleh rxy = 0,030 dengan rtabel = 0,159, maka rxy < rtabel. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana, diperoleh a = 81,268 dan b= -0,043, jadi Ŷ = 81,268 -0,043X. Uji-t diperoleh thitung =-0,369, dengan ttabel =1,684. Karena nilai -thitung < -ttabel, maka dapatdisimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh negatif terhadap variabel Y. Pada out put uji signifikansi dan linearitas persamaan regresi diatas ternyata diperoleh nilai Sig. sebesar 0,713 lebih besar dari 0,05 sehingga tidak signifikan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi belajar. Jakarta : rineka cipta
Komara, Indra Bangkit. 2016 “Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswaâ€. Psikopedagogia Universitas Ahmad Dahlan 2016. Vol. 5, No. 1 . Diakses pada https://journal.uad. ac. id/index.php
Muhibbin, Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017
Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018. Denpasar-Bali: Pemerintah Kota Denpasar, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali pers
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Suryabarata. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksara
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Thaib, Eva Nauli. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional, Jurnal Ilmiah Didaktika VOL. XIII, NO. 2, 384-399. Diakses pada https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php
Tobeli, Eva. 2010. “Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Diniâ€. Volume I edisi 1 April 2010. Diakses pada https://www.ejurnal. ukrimuniversity.ac.id/ file/P117.pdf
Ulfah, Asri. dkk. 2016. “Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Onlineâ€. Diakses pada https:// pasca.um.ac.id/conferences/ index.php
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Copyright on any open access article in a journal published by Mudra Jurnal Seni Budaya is retained by the author(s).
-
The Creative Commons Attribution License 4.0 formalizes these and other terms and conditions of publishing articles.