Visualisasi Modern sebagai Strategi dalam Pengenalan Budaya di Era Globalisasi kepada Gen Z

Main Article Content

surya kresna

Abstract

Era globalisasi mengakibatkan penurunan minat generasi Z terhadap budaya lokal, mereka terpapar oleh estetika gaya visual budaya populer yang lebih modern dibandingkan dengan gaya budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan strategi visualisasi modern dalam proses pengenalan budaya lokal kepada Gen Z, melalui visualisasi modern yang disesuaikan dengan preferensi visual mereka. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara melibatkan siswa SMPN 1 Denpasar. Hasil menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa lebih menyukai visualisasi modern dari ilustrasi karakter wayang, dibandingkan dengan gaya tradisional. Respon positif ini mengindikasikan bahwa visualisasi yang dinamis, penuh warna dan relevan secara estetis mampu menarik perhatian Gen Z dan meningkatkan antusiasme mereka terhadap budaya lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa visualisasi modern memiliki potensi besar sebagai media efektif dalam mengenalkan budaya kepada generasi muda, menjaga warisan budaya tetap relevan di tengah arus globalisasi.

Article Details

How to Cite
kresna, surya. (2024). Visualisasi Modern sebagai Strategi dalam Pengenalan Budaya di Era Globalisasi kepada Gen Z. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 12(2), 135–141. https://doi.org/10.31091/sw.v12i2.3070
Section
Articles