Teks Bahasa Bali Pada Desain T-Shirt (Analisis Wacana)
Main Article Content
Abstract
Saat ini muncul sebuah paradigma baru yang unik pada kalangan remaja di Bali yakni maraknya pemakaian t-shirt menggunakan teks bahasa Bali, T-Shirt tersebut bertuliskan pesan atau kata-kata mulai dari pesan yang lucu, bersifat sindiran, pernyataan pribadi, dan ada juga pesan- pesan yang porno, tema yang diangkat adalah pengalaman yang dijumpai dalam kehidupan sehari - hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk teks dan ilustrasi pada T-Shirt menggunakan teks bahasa Bali, makna yang terkandung dalam teks dan ilustrasi pada T-Shirt serta faktor – faktor pendorong yang mempengaruhi pemakai sehingga memilih menggunakan T-Shirt tersebut. Tahapan penelitian pertama, mengidentifikasi elemen-elemen visual yang terdapat dalam T-Shirt selanjutnya menganalisis makna apa yang terkandung dalam teks dan ilustrasi yang terdapat pada t-shirt. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Kontribusi penelitian ini adalah dapat memberikan pengetahuan teoritis di bidang ilmu desain komunikasi visual bagaimana menciptakan sebuah desain T-Shirt yang menarik minat remaja sehingga mampu menjadi trend fashion baru agar nantinya dapat dijadikan rujukan bagi praktisi di bidang usaha konveksi, distribution outlet dan industri kecil bagaimana merancang desain T-Shirt agar menarik dan diterima oleh khalayak sasaran.
Currently emerged a new paradigm that is unique in teenagers in Bali namely the rampant use of t-shirts using text language Bali, T-Shirt that reads the message or words - words from the message humorous, satirical, personal statements, and there is also a message - a message that is pornographic, the theme is the experience encountered in daily life - today. The aim of this study was to determine the form of text and illustrations on t-shirts using text language Bali what meaning is contained in the text and illustrations on a T-Shirt as well as a factor - the driving factors that influence the user to choose to use the t-shirt. The steps of this research: first, to identify the elements - visual element anything contained in the T-Shirt next to analyze the meaning of what is contained in the text and illustrations contained in t-shirts using a qualitative descriptive od with approach discourse analysi. The contribution of this study is that it can provide theoretical knowledge in the field of visual communication design how to create a T-Shirt designs that appeal to adolescents so that they can become a new fashion trend that can later be used as a reference for practitioners in the field of convection, distribution outlets and small businesses how to design design t-shirts in order to attract and received by the target audience.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Barnard Malcom. 1996. Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra
Ibrahim Subandy. 2007. Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra
Mangkunegara Anwar Prabu. 2009. Perilaku Konsumen. Bandung : Refika Aditama
Piliang.2012.Semiotika dan Hipersemiotika. Bandung : Matahari
Rustan Surianto. 2010. Huruf Font Tipografi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Raharja, mugi. 2004. “Kaos Oblongâ€. Bali Post 12 September 2004,