Teks Bahasa Bali Pada Desain T-Shirt (Analisis Wacana)

Main Article Content

Ida Ayu Dwita Krisna Ari
Cok Istri Puspawati Nindhia

Abstract

Saat ini muncul sebuah paradigma baru yang unik pada kalangan remaja di Bali yakni maraknya pemakaian t-shirt menggunakan teks bahasa Bali, T-Shirt tersebut bertuliskan pesan atau kata-kata mulai dari pesan yang lucu, bersifat sindiran, pernyataan pribadi, dan ada juga pesan- pesan yang porno, tema yang diangkat adalah pengalaman yang dijumpai dalam kehidupan sehari - hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk teks dan ilustrasi pada T-Shirt menggunakan teks bahasa Bali, makna yang terkandung dalam teks dan ilustrasi pada T-Shirt serta faktor – faktor pendorong yang mempengaruhi pemakai sehingga memilih menggunakan T-Shirt tersebut. Tahapan penelitian pertama, mengidentifikasi elemen-elemen visual yang terdapat dalam T-Shirt selanjutnya menganalisis makna apa yang terkandung dalam teks dan ilustrasi yang terdapat pada t-shirt. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Kontribusi penelitian ini adalah dapat memberikan pengetahuan teoritis di bidang ilmu desain komunikasi visual bagaimana menciptakan sebuah desain T-Shirt yang menarik minat remaja sehingga mampu menjadi trend fashion baru agar nantinya dapat dijadikan rujukan bagi praktisi di bidang usaha konveksi, distribution outlet dan industri kecil bagaimana merancang desain T-Shirt agar menarik dan diterima oleh khalayak sasaran.

Currently emerged a new paradigm that is unique in teenagers in Bali namely the rampant use of t-shirts using text language Bali, T-Shirt that reads the message or words - words from the message humorous, satirical, personal statements, and there is also a message - a message that is pornographic, the theme is the experience encountered in daily life - today. The aim of this study was to determine the form of text and illustrations on t-shirts using text language Bali what meaning is contained in the text and illustrations on a T-Shirt as well as a factor - the driving factors that influence the user to choose to use the t-shirt. The steps of this research: first, to identify the elements - visual element anything contained in the T-Shirt next to analyze the meaning of what is contained in the text and illustrations contained in t-shirts using a qualitative descriptive od with approach discourse analysi. The contribution of this study is that it can provide theoretical knowledge in the field of visual communication design how to create a T-Shirt designs that appeal to adolescents so that they can become a new fashion trend that can later be used as a reference for practitioners in the field of convection, distribution outlets and small businesses how to design design t-shirts in order to attract and received by the target audience.

Article Details

How to Cite
Krisna Ari, I. A. D., & Puspawati Nindhia, C. I. (2015). Teks Bahasa Bali Pada Desain T-Shirt (Analisis Wacana). Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 3. https://doi.org/10.31091/sw.v3i0.220
Section
Articles

References

Barnard Malcom. 1996. Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra

Ibrahim Subandy. 2007. Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra

Mangkunegara Anwar Prabu. 2009. Perilaku Konsumen. Bandung : Refika Aditama

Piliang.2012.Semiotika dan Hipersemiotika. Bandung : Matahari

Rustan Surianto. 2010. Huruf Font Tipografi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Raharja, mugi. 2004. “Kaos Oblongâ€. Bali Post 12 September 2004,

Most read articles by the same author(s)