Triad Psikoanalisis Lacan Pada Tokoh Seth Dalam Film “City Of Angelsâ€
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana triad psikoanalisis Lacan mampu menjelaskan secara rinci tentang bagaimana menganalisis perkembangan manusia dari lahir, tahap cermin, akses pada bahasa dan kematangan subjek di dalam budaya. Psikoanalisis mencoba memahami bagian tidak sadar manusia dalam pembentukan identitas diri. Konsep 3 kata kunci psikoanalisis Sigmund Freud kemudian berkembang ditangan Jacques Lacan dan mampu menjabarkan psikologi subjek atau manusia, yaitu The Real, The Imaginary dan The Symbolic. Film “City of Angels†menceritakan tentang kisah cinta dua insan yang berbeda dimensi, antara malaikat dan manusia. Sang malaikat yang diperankan oleh Nicholas Cage (Seth) jatuh cinta pada seorang dokter bedah jantung yang diperankan oleh Meg Ryan (Maggie Rice). Tokoh Seth dalam cerita ini menggambarkan fase awal kehidupan manusia yang dimulai dari The Real, The Imaginary hingga fase The Symbolic. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang didukung oleh studi pustaka terkait, sedangkan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan memahami psikologi tokoh Seth dalam memenuhi hasratnya menjadi seorang manusia. Data disajikan dalam bentuk deskripsi teks naratif berupa kata-kata, pendapat dan gagasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga kata kunci Lacan membantu penonton film “City of Angels†untuk memahami dan memaknai secara psikologi tokoh Seth yang memutuskan melangkah dari dunia yang tidak terbahasakan, menuju dunia hasrat yang diatur oleh hukum-hukum yang mengikat.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Atavisme and Balai Bahasa Jawa Timur. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Atavisme and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Atavisme are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form]
References
Ali, Matius. (2010), Psikologi Film Membaca Film Lewat Psikoanalisis Lacan-Zizek, Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta, Jakarta.
Ben-Shaul, Nitzan. (2007), The Key Concepts Film, BERG Oxford, New York.
Iriani, Zuky. (akses 3 Juli 2014), Teori Sosial: Jacquces Lacan,https://www.academia.edu/5356403/
teori_sosial_jacques_lacan.
Riyadi, Sugeng. (akses 5 Juli 2014). Mengenal Psikoanalisis Jacques Lacan, https://hmiumby.
blogspot.com.2011/01/mengenal-psikoanalisis-jaques-lacan.html.
Stam, Robert. (2000), Film Theory An Introduction, Blackwell, Department of Cinema Studies, New York.
Supriadi. (akses 6 Juli 2014), Pesona Hasrat Dalam Psikoanalisis-sturktural Jacques lacan, https://revolution-kumpulanteori.blogspot.com/2010/12/teori-jacques-lacan.html.