Prinsip Ergonomi Pada Papan Nama Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar
Main Article Content
Abstract
Papan nama sebuah perusahaan adalah merupakan suatu media informasi yang sangat penting karena dapat memberikan informasi pertama sebelum orang memasuki sebuah perusahaan sehingga letaknya selalu di depan. Papan nama juga berfungsi sebagai identitas diri perusahan atau media promosi untuk menarik calon konsumen sehingga harus dibuat dengan perencanaan yang matang. Ukuran huruf yang digunakan hendaknya sesuai dengan rumus yang ada sehingga pembaca merasa nyaman dan tertarik untuk membaca. Besar kecilnya ukuran huruf tergantung pada jarak pembaca yang kita inginkan. Ukuran huruf pada tulisan Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar memiliki tinggi 40 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 6 cm. Jarak pandang terjauh antara papan nama dan pembaca adalah 18 meter. Dilihat dari rumus ukuran huruf yang tidak memenuhi syarat adalah huruf pada tulisan â€Fakultas Seni Rupa Dan Desainâ€, sehingga harus diperbaiki. Sesuai hasil penghitungan dengan rumus usaha perbaikan ukuran huruf diperoleh ukuran huruf terkecil yaitu, tinggi 90 cm, lebar 60 cm, dan tebal 15 cm. Pada yang papan nama Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki warna yang hampir sama antara warna objek huruf dan warna latar belakang, sehingga dari jarak pandang yang jauh sangat sulit dibaca. Ini disebabkan tidak adanya kontras warna antara keduanya.Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan, dengan memberi kontras warna antara warna huruf dan latar belakang.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Atavisme and Balai Bahasa Jawa Timur. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Atavisme and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Atavisme are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form]