Kajian Estetika Ilustrasi Pada Baju Kaos Merek Furious Di Denpasar Bali
Main Article Content
Abstract
Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik sketsa, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Saat ini ilustrasi dari desain baju lokal sudah mulai berkembang, ilustrasi menjadi hal yang penting dalam desain baju kaos. Sebuah ilustrasi tidak hanya sebagai penghias semata tetapi menjadi sebuah identitas dari sebuah produk. Ada permasalahan mendasar yang dikaji dalam tulisan ini yaitu konsep estetika dari ilustrasi baju kaos merek Furious yang ada di Denpasar. Adapun teori yang digunakan dalam membedah permasalahan tersebut adalah Teori estetika modern yaitu estetika yang didapat dari unsur-unsur seni rupa dan desain serta prinsip-prinsip seni rupa dan desain untuk menjawab permasalahan konsep estetika dari ilustrasi baju kaos merek Furious. Hasil dari kajian seni ini diuraikan berdasarkan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang berarti penggambaran sifat suatu keadaan yang berjalan pada saat penelitian. Prinsip pokok metode ini adalah mengolah dan menganalisis data-data yang terkumpul menjadi data sistematis, teratur dan terstruktur, dan mempunyai makna. Hasil penelitian menunjukkan ilustrasi dari baju kaos merek Furious ini, Berdasarkan konsep estetika ilustrasi ini mempunyai keindahan dari unsur garis, bidang, warna dan huruf serta sesuai dengan prinsip-prinsip seni rupa dan desain yaitu: irama, kesatuan, dominasi, keseimbangan, proporsi, kesederhanaan dan kejelasan yang membuat ilustrasi ini mempunyai nilai keindahan. Pada akhirnya ilustrasi baju kaos Furious dapat dipahami sebagai dari perspektif kajian seni.
Illustration is a visualization result of a paper with sketches technique, paintings, photography, or other art technique which emphasizes the relation of the subject with the article rather than form. Nowadays illustration of the design of the local clothes have started to develop, Illustrations becomes important in T-shirt’s design. As an illustration, not only as an ornamental in itself but becomes an identity of a product. There are three fundamental problems studied in this thesis are: form, function and aesthetic concept of brand Furious T-shirt illustration in Denpasar. The theory is used to dissect the problem is the theory of aesthetic form, to address the problem form. Modern aesthetic theory that is derived from the aesthetic elements of art and principles of design as well as art and design to answer the problem of aesthetic concepts. Function theory to answer the problem of the function of brand Furious T-shirt illustration. The results of this study are described art method used is based on a qualitative method which means the depiction of the nature of a state that is running at the time of the study. Basic principle of this method is to process and analyze the collected data into the data systematically, organized and structured, and has meaning. The results show an illustration of the Furious T-shirt brands have seen the aesthetic form of the principle of organic unity as: lines, shapes, colors and letters. The principle theme, variation principle which does not cause boredom, the balance principle, the principle of development and governance levels. This illustration is based on the concept of aesthetics has a beauty of line elements, fields, colors and letters as well as in accordance with the principles of art and design are: rhythm, unity, dominance, balance, proportion, simplicity and clarity that has made this illustration of the value of beauty.
Article Details
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Atavisme and Balai Bahasa Jawa Timur. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Atavisme and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Atavisme are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form]
References
Ali Matius. Estetika Pengantar Filsafat Seni. Sanggar Luxor, 2011.
Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Dameria, Anne. Color Basic Paduan Dasar Warna untuk Desainer & Industri Grafika. Jakarta: Link & Match Graphic, 2007.
Dharsono. Estetika. Bandung: Rekayasa Sains, 2007.
Gie, The Liang. Filsafat Keindahan. Yogyakarta : Pusat Belajar Ilmu Berguna (PUBIB), 2004.
Gobe, Marc. Emotional Branding Paradigma Baru Untuk Menghubungkan Merek Dengan Pelanggan. Jakarta: Erlangga, 2005.
George, Scheder. Perihal Cetak Mencetak. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2003.
Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2007.
Kusmiati R, Artini, dkk. Teori Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan, 1999.
Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Marzuki. Metodelogi Riset. Yogyakarta: BPFE-UII ( Badan Penerbit Fakultas Ekonomi-Universitas Islam Indonesia), 2000
.
Masri, Andi. Strategi Visual. Yogyakarta: Jalasutra, 2010.
Pujiriyanto.. Desain Grafis Komputer : Teori Grafis Komputer. Yogyakarta : Andi Offset, 2005
Supriyono, Rakhmat. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2010.
Sachari, Agus. Estetika : Makna, Simbol dan Daya. Bandung: Penerbit ITB, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Tim Penulis Prodi DKV FSR ISI Yogyakarta. Irama Visual dari Toekang Reklame Sampai Komunikator. Yogyakarta: Jalasutra, 2009.
Tinarbuko,Sumbo. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta : Jalasutra, 2012.