Pertunjukan Tari Babuang Pada Piodalan Bhatara Dalem Pingit, Di Desa Pengotan Kabupaten Bangli

Pertunjukan Tari Babuang Pada Piodalan Bhatara Dalem Pingit, Di Desa Pengotan Kabupaten Bangli

Authors

  • I Putu Sudarma

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.67

Abstract

Tari Babuang adalah bentuk tari wali yang sangat disakralkan oleh masyarakat  Desa Pakraman PengotanBangli. Tarian ini hanya dapat dipentaskan oleh sekaa teruna dari Desa Pengotan Bangli-pada ritual Bhatara Dalem Pingit. Prosesi pementasannya adalah Pider sekar, ngastawa di Pelinggih Sanggar Tawang, sesolahan tari Babuang, dan perang papah Biu. Tari Babuang pada ritual Bhatara Dalem Pingit memiliki beberapa fungsi, yaitu fungsi keagamaan, fungsi estetika, dan fungsi inklusi sosial. Fungsi agama, tari Babuang adalah bentuk persembahan untuk para leluhur yang tinggal di Gunung Airawang (Gunung Abang), dan manifestasi dari Tuhan yang tinggal di pura Tuluk Biu. Fungsi estetikanya terkait dengan nilai kesucian (sivam), kebenaran (satyam) dan keseimbangan atau harmoni (sundaram). Sebaliknya, fungsi inklusi sosial, tarian ini digunakan sebagai sarana membina solidaritas di antara masyarakatnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani. 1992. Sosiologi : Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara.

Adorno, dkk. 2005. Teori-Teori Kebudayaan. Cetakan ke 8. Editor Mudji Sutrisno & Herdar Putranto. Yogyakarta :Kanisius

Bandem, I Made. 1996. Etnologi Tari Bali. Yogyakarta : Kanisius.

Dibia, I Wayan. 2003. “Nilai-Nilai Estetika Hindu dalam Kesenian Baliâ€, dalam Estetika Hindu dan Pembangunan Bali. Editor I B. G. Yudha Triguna. Denpasar: Kerjasama Magister Ilmu Agama dan Kebudayaan, Universitas Hindu Indonesia dan Widya Dharma.

Djelantik, A.A.M, 1999. Pengantar Dasar Estetika. Denpasar: STSI

Djuretna A. Imam Muhni. 1994. Moral dan Religi Menurut Emile

Durkheim dan Hendri Bergson. Yogyakarta : Kanisius.

Koentjaraningrat.1987. Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta : UI Press.

Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial: Persfektif Klasik, Modern, Postmodern dan Poskolonial. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada

Piarta, I Nyoman. 2014 . â€Persembahan Seni dalam Ritual Hindu di Bali (Persfektif Estetika Hindu)†dalam Brahma Widya Jurnal Teologi dan Filsafat Volome 1.No.1 Juni 2014

Purna, I Made. 2013. â€Tradisi Perang Papah Biu pada Upacara Pegingsiran Bhatara Pingit di Desa Pakraman Pengotan, Kabupaten Bangli, Bali†dalam Jurnal Penelitian Sejarah dan Nilai Tradisional Vol. 20.No.1 Maret 2013. Depasar : Balai Pelestarian Budaya Bali, NTB dan NTT

Ritzer, George-Goodman Douglas J. 2010. Teori Sosiologi Modern Edisi Keenam. Jakarta: Kencana.

Ritzer, George & Barry Smart. (PenerjemahMuttaqien, Imam, Derta Sri Widowatie, danWaluyati). 2011. Handbooks TeoriSosial. Bandung: Nusa Media Tim, 2008. Kamus Bali-Indonesia.Edisi -2. Yogyakarta : Yayasan Pustaka Nusatama

Titib, I Made. 2003. Menumbuhkembangkan Pendidikan Budhi Pekerti untuk Anak: Perspektif Agama Hindu. Bandung: Ganesa Exact.

Downloads

Published

25-06-2017

How to Cite

Sudarma, I. P. (2017). Pertunjukan Tari Babuang Pada Piodalan Bhatara Dalem Pingit, Di Desa Pengotan Kabupaten Bangli. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.67

Issue

Section

Articles
Loading...