Implikatur Presentasi Komplementarisme Verbal dan Nonverbal Tari Gambiranom Susunan S. Ngaliman
DOI:
https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.646Keywords:
implikatur, verbal dan non verbal, tari gambiranom, perkawinan budaya jawaAbstract
Penelitian ini adalah untuk mengkaji implikatur presentasi komplementarisme komponen verbal dan nonverbal tari Gambiranom susunan S. Ngaliman. Karya tari sebagai ungkapan ekspresi jiwa seniman merupakan media komunikasi bahasa simbolik yang hendak disampaikan secara implisit terhadap penghayat. Pesan seniman yang dibalut dalam artitistik visual komposit bahasa verbal dan nonverbal tari Gambiranom merupakan strategi off record yang memungkinkan implikaturnya bermakna bagi sepasang pengantin dan masyarakat pengahayat. Metodologi penelitian kualitatif menjadi pilihan peneliti dalam upaya mengkaji implikatur presentasi tari Gambiranom. Teori rujukan adalah teori pragmatik dan teori seni pertunjukan. Pengumpulan data, diantaranya: studi pustaka, studi visual dokumen tari Gambiranom, wawancara dan observasi. Model analisisnya bersifat jalinan yang prosesnya secara garis besar diawali dari pengumpulan data kemudian direduksi lalu dikembangkan menjadi sajian data dan selanjutnya diverifikasi menjadi simpulan (Sutopo, 2006:118). Temuan penelitian bahwa Implikatur pertunjukan tari Gambiranom dalam perkawinan budaya Jawa adalah sebagai hiburan dan edukasi nilai-nilai perjuangan tentang cinta-kasih agar diserap dan dicontoh sepasang pengantin. Bagi masyarakat selain hiburan juga sebagai wawasan dan perenungan membudaya.
Downloads
References
Gunarwan, Asim. (2006), “Implikatur Percakapan: Perspektif Grice dan Perspektif Sperber & Wilsonâ€, Makalah, Jakarta, Depok.
Geertz, Clifford. (1992), Kebudayaan dan Agama,Yogyakarta, Kanisius.
Grice, H.P. (1981), Presupposition and Conversational Implicature, New York, Academic Press.
Heriwati, Sri Hesti. (2003), “Kemetaforaan Cakepan Tembang-Tembang Jawaâ€, Tesis, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Koentjaraningrat. (1984), Kebudayaan Jawa, Jakarta, Balai Pustaka.
Kreidler, W. Charles. (1998), Introducing English Semantics, London, Routledge.
Leech, Geoffrey. (1993), Prinsip-prinsip Pragmatik, Penerjemah, M.D.D Oka, Penerbit, UI Press.
Maryono. (2010), “Komponen Verbal dan Nonverbal dalam Genre Tari Pasihan Gaya Surakarta (Kajian Pragmatik)â€, Disertasi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Maryono. (2015), Analisa Tari, Penerbit, ISI Press Solo.
Ngaliman, S. (1976), “Bondhan, Gendhing Beksanâ€, Produksi, Lokananta Surakarta.
Parker, De Witt.H. (1980), Dasar-dasar Estetika, Terjemahan, SD. Humardani, Surakarta, Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI).
Soedarsono. (1996), Indonesia Indah: Tari Tradisional Indonesia, Jakarta, Yayasan Harapan Kita/BP 3 TMII.
Sutopo H.B. (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta, Universitas Sebelas Maret.
Thomas, Jenny. (1995), Meaning in Interaction: An Introduction to Pragmatics, London/ NewYork, Longman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Copyright on any open access article in a journal published by Mudra Jurnal Seni Budaya is retained by the author(s).
-
The Creative Commons Attribution License 4.0 formalizes these and other terms and conditions of publishing articles.