Tanda dan Makna Teks Pertunjukan Barongsai

Tanda dan Makna Teks Pertunjukan Barongsai

Authors

  • Agus Cahyono Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bintang Hanggoro P Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • M Hasan Bisri Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v31i1.246

Keywords:

barongsai, tanda, makna, teks pertunjukan

Abstract

Pertunjukan  Barongsai  dalam  upacara  ritual  Imlek  yang dilangsungkan  secara  arak-arakan  di  Kota Semarang, merupakan  pertunjukan  budaya yang unik dan kbas. Aspek-aspek  estetis pertunjukan  yang disajikan sangat era!bertalian dengan simbol-simbol makuawi dengan !alar belakang pada pola budaya yang berlaku dan dijunjung oleh warga masyarakat pendukungnya. Secara kbusus masalah yang diaju­ kan dalarn penelitian ini adalah makua teks pertunjukan  Barongsai dalam upacara ritual Imlek. Untuk mengkaji  masalah  tersebut  digunakan  pendekatan  performance  studies,  sebagai  payung teori dalam penelitian  ini.   Pengumpulan  data dilakukan  dengan observasi,  wawancara mendalam,  dan dokumen­ tasi.  Bersamaan  dengan  proses  pengumpulan  data  dilakukan  juga  tahapan  analisis  secara  koalitatif dengan  merujuk  model  analisis  siklus  interaktif.  Prosedur  analisis  ditempuh  melalui  proses  reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau veriftkasi. Hasil penelitian menemukan makua dalarn teks pertunjukan Barongsai, yaitu (I) makua religius manusia dengan Tuhan, (2) makua relasi manusia dengan leluhur dan sesama, dan (3) makua harmoui dan atau keseimbangan  antara manusia dan alam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-07-2021

How to Cite

Cahyono, A., Hanggoro P, B., & Bisri, M. H. (2021). Tanda dan Makna Teks Pertunjukan Barongsai. Mudra Jurnal Seni Budaya, 31(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v31i1.246

Issue

Section

Articles
Loading...