Aplikasi Teknologi Augmented Reality dalam Meningkatkan Kuantitas Konten Caption display Koleksi Artefak Etnografi Museum Panji
DOI:
https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1470Keywords:
augmented reality, museum captions, media interaktifAbstract
Museum masa kini memiliki salah satu fungsi sebagai sumber pengetahuan yang relevan dengan artefak yang ditampilkan. Caption yang menyertai artefak merupakan salah satu media yang sering digunakan museum dalam memenuhi fungsi tersebut, tetapi karakter fisik dari caption menjadi keterbatasan dalam mengkomunikasikan materi secara lebih terinci dan kurang mampu membentuk relasi interaktif dengan pengunjung, sehingga informasi yang ditampilkan kurang berfungsi optimal sebagai pengetahuan. Teknologi Augmented reality (AR) memungkinkan tersajinya konten multimedia melalui berbagai modalitas komunikasi dan meningkatkan kuantitas dan kualitas informasi. Tetapi di sisi yang lain, aplikasi teknologi ini juga membutuhkan teknis pendekatan komunikasi yang berbeda dibanding media cetak. Karakter teknologi ini memungkinkan hadirnya interaksi yang dapat digunakan sebagai strategi gamifikasi sebagai usaha untuk membangun kedekatan emosional dan relevansi antara pengunjung dan artefak, sehingga informasi yang disajikan dapat bermanfaat sebagai sumber pengetahuan bagi pengunjung. Artikel ini memaparkan permasalahan caption display pada artefak koleksi etnografi Museum Panji berdasar temuan penelitian dengan metode deskriptif, serta menawarkan pendekatan solusi permasalahan melalui integrasi teknologi augmented reality.
Downloads
References
Akaibara. (2017). Museum Panji yang Bertaraf Internasional Ada di Tumpang. Retrieved December 12, 2017, from https://ngalam.co/2017/04/28/museum-panji-bertaraf-internasional-ada-tumpang
Carmigniani, J. and Furht, B. (2011). Augmented Reality: An Overview. Handbook of Augmented Reality. Springer.
Hollerer, T. and Schmalstieg, D. (2016, June 10). Introduction to Augmented reality. Retrieved February 06, 2018, from https://www.informit.com/articles/article.aspx?p=2516729
Kenney, K. (2008, November 13). Writing Exhibit Labels - Museum Professional Forum, News, Jobs, Articles, Books. Retrieved March 20, 2018, from https://web.archieved.org/web/20110430212508/ https://www.museumprofessionals.org/forum/member-articles/2424-writing-exhibit-labels.html
McTavish, L. (2013). Defining the Modern Museum: A Case Study of the Challenges of Exchange. Toronto: University of Toronto Press.
Silvia, R., Oliveira, J. C., & Giraldi, G. A. (2003). Introduction to Augmented reality. 1-11. Retrieved March 20, 2018, from lncc.br/~jauvane/papers/RelatorioTecnicoLNCC-2503.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jonathan Pramana, Erandaru, Deny Tri Ardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on any open access article in a journal published by Mudra Jurnal Seni Budaya is retained by the author(s).
-
The Creative Commons Attribution License 4.0 formalizes these and other terms and conditions of publishing articles.