Variabilitas Tangga Nada Talempong Pacik Dalam Konteks Kesenian Tradisi Minangkabau

Variabilitas Tangga Nada Talempong Pacik Dalam Konteks Kesenian Tradisi Minangkabau

Authors

  • Wimbrayardi Wimbrayardi Sendratsik FBS, Universitas Negeri Padang, Air Tawar, Padang, Indonesia
  • Bambang Parmadi FKIP Universitas Bengkulu, Jl. WR. Supratman, Kota Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1438

Keywords:

Variabilitas, Tangganada, Talempong Pacik

Abstract

Dalam musik tradisional Minangkabau khususnya musik Talempong Pacik, tidak ada kesamaan tangga nada antar kelompok musik Talempong di setiap kanagarian di Minangkabau. Tangga nada yang digunakan dalam Talempong tradisional tidak sama dengan tangga musik barat (diatonis) dengan kata lain tangga nada yang dipakai adalah pentatonis. Bagi masyarakat Minangkabau untuk memainkan Talempong Pacik, yang dibutuhkan adalah kebenaran oral rasa musik dalam menafsirkan suara atau nada yang diinginkan (sense of music). Hal tersebut, menjadikan bentuk variabilitas nada ataupun tangga nada tradisi Talempong Pacik menjadi sangat beragam. Dalam konteks kesenian tradisi bentuk tangga nada atau pola musik Talempong Pacik berbeda-beda, sehingga menjadikan kesenian tradisi ini sebagai kesenian kearifan lokal dengan warna varian tradisi dalam sosiokultur masyarakat pada beberapa kanagarian di Minangkabau. Berdasarkan pada teori etnomusikologi, kesenian tradisi khususnya musik mempunyai peran penting pada sosiokultur masyarakat pendukungnya, baik secara penggunan (use) maupun fungsinya (function).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Asri Mahasatya.

Bahar, Mahdi. 1997. Adakah Sistem Tangga Nada Talempong Musik Tradisional Minangkabau. Padang Panjang: ASKI Padang Panjang

Djelantik.1990. Pengantar Dasar Ilmu Estetika, Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STTI). Kanisius: Yogyakarta.

Erizal. 1993. Studi Musikologi Talempong Pacik di Nagari Labuah Gunuang Kecamatan Luhak Kabupaten 50 Kota. Pdang Panjang: ASKI Padang Panjang

Gie, The Liang.1996. Filsafat Seni: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Kayam, umar. 1981. Seni Tradisi Masyarakat. Jakarta: Penerbit SinarHarapan

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Marzam, dkk. 1996. Musik Talempong Pacik di Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok: Tinjauan dari Sudut Fungsi, Struktur Organologis dan Garapan Komposisi. Padang: UNP Padang

Muslim. 1989. Proses Pembuatan Talempong di Sungai Puar Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam; Suatu Tinjauan Organologis. Padang Panjang: ASKI Padang Panjang

Poerwadarminta, ws.2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sedyawati, Edi Sapardi Joko Darmono (ed). 1980. Seni dalam Masyarakat Indonesia: Bunga Rampai. Jakarta: PT. Grafiti Perpustakaan.

Syailendra. 2000. Musik Tradisi. Padang:UNP Padang

Downloads

Published

11-06-2021

How to Cite

Wimbrayardi, W., & Parmadi, B. (2021). Variabilitas Tangga Nada Talempong Pacik Dalam Konteks Kesenian Tradisi Minangkabau. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 135–139. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1438

Issue

Section

Articles
Loading...