Balinese Pop Music: An Industrialization Era
DOI:
https://doi.org/10.31091/jomsti.v1i1.509Abstract
Musik pop Bali muncul pada tahun 1970-an tetapi industrialisasinya mengacu pada perkembangan industrial yang dimulai pada 1990-an. Industrialisasi ini dicirikan oleh aspek ekonomi, teknologi, dan budaya baru dalam musik. Semua aspek terkait satu sama lain. Perekonomian dapat dilihat dari pertumbuhan modal dalam bisnis semacam itu. Teknologi terlihat dalam penggunaan teknologi digital menggantikan yang analog. Budaya baru dalam musik ditampilkan dalam kesadaran yang lebih besar dari orang-orang Bali dalam menikmati lagu-lagu pop Bali. Orang Bali tidak lagi malu menyanyikan lagu-lagu seperti itu. Tinjauan kepustakaan ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industrialisasi musik pop Bali terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi musik. Produksi diciptakan oleh kekuatan budaya (musisi) dan kekuatan modal (pemilik modal). Distribusi musik pop Bali dalam pemasaran saat ini dilakukan dengan menggunakan dukungan kekuatan media, khususnya media elektronik, yaitu radio (sejak 1990-an dan bahkan lebih awal), khususnya televisi (sejak 2002), dalam hal ini Bali TV. Produksi dan distribusi tersebut memungkinkan konsumsi musik pop Bali besar-besaran dalam masyarakat Bali. Konsumsi berkaitan dengan keberadaan budaya musik baru di masyarakat. Meskipun industrialisasi ini cenderung bersifat kapitalistik, seniman Bali atau musisi dapat mencari nafkah melalui lagu-lagu pop Bali. Ini bukan kapitalisme modern tetapi postmodern, yakni sebagai musik yang bergantung pada keberadaan masyarakat Bali dan budaya mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the Journal of Music Science, Technology, and Industry for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Journal of Music Science, Technology, and Industry.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
After receiving the article, the author will be asked to complete the 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the relevant author confirming receipt of the manuscript along with the 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
the Journal of Music Science, Technology, and Industry, the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in the Journal of Music Science, Technology, and Industry are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The Copyright Transfer Agreement Form (CTA) can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form Journal of Music Science, Technology, and Industry]