Improvisation in Balinese Music: An Analytical Study of Three Different Types of Drumming in the Balinese Gamelan Gong Kebyar
DOI:
https://doi.org/10.31091/jomsti.v1i1.502Abstract
Gong kebyar muncul pada awal abad ke-20 dan pada mulanya merupakan genre instrumental. Dalam perkembangan selanjutnya, ensambel tersebut menjadi terbiasa dengan komposisi tari yang menyertainya, yang dihiasi dengan improvisasi tari yang berbeda sesuai dengan gaya khas gong kebyar. Ada tiga jenis drum Bali yang dianggap improvisasi, khususnya gaya-gaya yang dimainkan dalam repertoar gamelan gong kebyar. Gamelan gong kebyar adalah genre musik abad ke-20 yang paling populer dan berpengaruh yang dikembangkan di Bali. Dalam gamelan baru ini, fungsi drum (di Bali disebut kendang) dalam ensambel lebih penting daripada pada gaya lama dan dianggap sebagai pemimpin ensembel. Drumer adalah musisi yang terampil dan biasanya adalah guru, yang tahu semua bagian yang dimainkan oleh instrumen lain dalam ensembel. Krumpungan, Cedugan, dan Gupekan adalah contoh gaya drum yang memberikan ide improvisasi, meskipun di Bali tidak ada istilah khusus untuk improvisasi. Namun di sini ada ide yang sama dan rasa makna improvisasi itu sendiri dengan cara memainkan beberapa drum secara spontan dalam jalannya pertunjukan, dengan menggunakan kemampuan pemain drum untuk menciptakan pola spontan baru di panggung. Ada beberapa aspek penting yang perlu digarisbawahi dalam menciptakan pola-pola tersebut, seperti: iringan melodi, isyarat penari, kemitraan yang baik (dalam krumpungan dan cedugan), dan kemampuan untuk memimpin ensambel. Aspek-aspek tersebut memiliki peran penting dalam pencapaian improvisasi drum dalam pettunjukan. Improvisasi drum tetap sesuatu yang harus dipelajari lebih komprehensif di masa depan. Ini masih merupakan konsep abstrak bagi banyak musisi dan juga pecinta gamelan Bali.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the Journal of Music Science, Technology, and Industry for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Journal of Music Science, Technology, and Industry.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
After receiving the article, the author will be asked to complete the 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the relevant author confirming receipt of the manuscript along with the 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
the Journal of Music Science, Technology, and Industry, the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in the Journal of Music Science, Technology, and Industry are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The Copyright Transfer Agreement Form (CTA) can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form Journal of Music Science, Technology, and Industry]