Filosofi Bunyi Polopalo Pentatonik sebagai Karakter Keseimbangan Masyarakat Gorontalo
Abstract
Tujuan: Penelitian ini menelaah makna filosofi bunyi Polopalo Pentatonis dalam aktivitas kebudayaan masyarakat. Pengungkapan makna dalam penelitian ini mempergunakan konsep semiotika Piercean dan Nattiez dengan mempergunakan struktur triadik dari proses semiosis sehingga mampu mengkontruksi makna filosofi bunyi Polopalo Pentatonis yang merupakan representasi generasi muda tanpa melupakan karakteristiknya sehingga dapat ditemukan refleksi fungsi Polopalo dalam bekerja pada aktivitas masyarakat. Metode: Metode penelitian menggunakan studi kasus karena adanya keunikan dalam permasalahan yang menjadi fokus penelitian maka teknik pengumpulan data mempergunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan analisis data adalah analisis domain, di mana menjadi sebuah peristiwa dalam suatu teks yang mempunyai prinsip kausalitas. Hasil dan pembahasan: Hasil penelitian menunjukan bahwa bunyi Polopalo Pentatonik yang terdiri dari empat macam seperti Motoliyongo, Moduloduo, Moelenggengo dan Mobulongo mempunyai nilai-nilai filosofi yang mengakar dalam kehidupan masyarakat sehingga reinterpretasinya dapat disimbolkan sebagai keseimbangan. Implikasi: Ketaksadaran dalam memahami filosofi bunyi Polopalo sebagai simbol kearifan lokal jenius memberikan dampak terhadap transmisi dan karakter masyarakat Gorontalo, khususnya bagi generasi muda, di mana sebagian besar tidak memahami nilai-nilai filosofi bunyi Polopalo Pentatonik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Music Science, Technology, and Industry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The author submits the manuscript to do so with the understanding that if accepted by the Journal of Music Science, Technology, and Industry for publication, the publication of the copyright of the article will be assigned/transferred to the Journal of Music Science, Technology, and Industry.
However, the Authors still reserve the following:
a). All proprietary rights other than copyright such as patent rights,
b). The right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures.
After receiving the article, the author will be asked to complete the 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the relevant author confirming receipt of the manuscript along with the 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
the Journal of Music Science, Technology, and Industry, the International Editorial and Editorial Board made every effort to ensure that no false, misleading data, opinions or statements were published in the journal . In any way, the contents of articles and advertisements published in the Journal of Music Science, Technology, and Industry are the sole and exclusive responsibility of each writer and advertiser.
The Copyright Transfer Agreement Form (CTA) can be downloaded here: [Copyright Transfer Agreement (CTA) Form Journal of Music Science, Technology, and Industry]